Kios Charity - Marketplace

Konsep Charity

Tentang Charity
Mengapa ada Charity di KioCha


Saling berbagi kebaikan adalah kewajiban setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam situasi apapun, tangan-tangan dermawan sangatlah dibutuhkan agar bisa menopang siapa saja yang membutuhkan bantuan.

Berbagi tidak harus selalu berupa kegiatan khusus yang bersifat sosial, sumbangan ataupun sedekah, sejatinya kita dapat menyisipkan kegiatan berbagi dalam setiap aktifitas yang kita lakukan, tanpa harus menimbang besar atau kecil, karena sekecil apapun kebaikan yang kita berikan, akan menghadirkan kebahagiaan.

Satu hal yang menarik adalah, ternyata berbagi tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi yang menerimanya, tapi juga bagi yang memberikannya. Lara Aknin, profesor psikologi sosial di Universitas Simon Fraser Kanada dan direktur Lab Helping and Happiness mengungkapkan jika tindakan berbagi bisa meningkatkan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

“Manusia mendapatkan kesenangan dengan membantu orang lain,” ungkap Lara Aknin.

Kiocha "Kios Charity" berinisiasi untuk selalu berbagi kebahagiaan setiap saat, setiap waktu. Dalam proses transaksi bisnis dan e-commerce yang dijalankan di marketplace Kiocha, semua pihak yang terlibat secara otomatis telah berbagi kepada sesama saat menjual, atau membeli produk atau menyarankan produk kepada orang lain. 

Di Kiocha, kita menyebutnya dengan istilah "charity", yang berarti derma, kebaikan, atau sedekah. Kiocha menciptakan ekosistem charity yang menyenangkan dan mudah. Semua bisa bercharity dengan menjual produk, membeli produk atau bahkan dengan charity langsung hanya dengan scan QRIS di berbagai program yang tersedia.

Sudahkah kita berbagi hari ini?

Lihat Laporan Charity

Kemana Charity Disalurkan


Kiocha adalah marketplace murni yang berperan sebagai charity getter dari setiap transaksi yang dijalankan. Charity yang diperoleh kemudian diteruskan kepada beberapa pengelola berizin resmi yang berperan dalam menyalurkan charity sesuai dengan pilihan pelanggan.

Salah satu pengelola yang bekerjasama secara mandatory dengan marketplace Kiocha adalah Yayasan Kiocha Artha Sejahtera atau YKAS. YKAS menjadi pengelola utama yang menjalankan dan menyalurkan seluruh program charity yang dipublikasi di dalam ekosistem kiocha.

Selain YKAS, Kiocha juga bekerja-sama dengan berbagai lembaga charity lainnya dalam penyaluran serta program-program charity yang dijalankan bersama.

Lihat Mitra Kiocha

Bagaimana charity saya dikelola


Di Kiocha, charity diperoleh dan dikelola dalam proses sebagai berikut;

  1. Penjual/Kios menjual produk di marketplace Kiocha, dan menentukan berapa persen yang akan disumbangkan untuk charity
  2. Pembeli membeli produk, dan memilih program charity yang tersedia untuk menyalurkan charity dari produk yang dibelinya
  3. System charity terintegrasi di Kiocha mencatat charity, dan meneruskan/push data ke pengelola charity melalui system otomatis
  4. Pengelola Charity (YKAS) menyalurkan charity sesuai peruntukan yang telah diinformasikan oleh Kiocha
  5. Pengelola Charity menerbitkan laporan penyaluran charity
  6. Kiocha mengirimkan notifikasi penyaluran charity kepada pelanggan dan penjual
Lihat Jalur Penyaluran

KioCha "Kiosk Charity" adalah marketplace yang memberikan pengalaman berbelanja sekaligus bercharity dalam setiap transaksinya.

Kiocha sedang dalam tahap ujicoba, seluruh transaksi pembelian tidak akan diproses selama proses ini.
Kios/Seller tetap dapat menginput produk namun belum akan dapat memproses pemesanan.